Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Metode Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus di MTsS Darul Ulum

Main Author: Maghfirah Ulfa, 251324494
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2324/1/MAGHFIRAH%20ULFA.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2324/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII MTsS Darul Ulum Banda Aceh diperoleh permasalahan pembelajaran fisika masih menggunakan pembelajaran yang berorientasi pada guru dan jarang melibatkan peserta didik secara langsung, peserta didik hanya mendengarkan guru menjelaskan dan mencatat hal yang penting. Sehingga peserta didik menjadi pasif dan menghambat kreativitas dan potensi mereka, dan menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. maka diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis metode pictorial riddle terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gerak lurus di MTsS Darul Ulum dan (2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran inkuiri berbasis metode pictorial riddle. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen tipe Quasi Eksperimen dengan sampel dipilih secara purposive sampling, sampel kelas eksperimen (VIII-2) dan kelas kontrol (VIII-3). Pengumpulan data dengan instrumen tes yaitu soal tes dan angket peserta didik. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t dan data dari angket peserta didik dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji statistik menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri berbasis metode pictorial riddle didapat thitung> ttabel yaitu 7,22 > 1,67, (2) Respon peserta didik terhadap model pembelajaran inkuiri berbasis metode pictorial riddle dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik lebih meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkan Model Pembelajaran inkuiri berbasis metode pictorial riddle berpengaruh sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik.