Pengaruh Model Guided Discovery terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus di SMA N 1 Baitussalam Aceh Besar

Main Author: Siti Mauliyana, 251324462
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2249/1/SITI%20MAULIYANA.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2249/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi pada pembelajaran fisika khususnya materi Gerak Lurus di SMA N 1 Baitussalam Aceh Besar terjadi karena rendahnya minat belajar fisika disebabkan pemahaman konsep-konsep fisika pada peserta didik belum maksimal. Seringkali peserta didik tidak dapat menyelesaikan soal-soal fisika dengan tuntas karena ketidakmampuan mereka dalam meningkatkan pemahaman konsep-konsep yang pernah diterima, Hal ini adalah salah satu dari faktor mendasar yang menyebabkan peserta didik kurang dalam pemahaman konsep. Salah satu solusi yang dapat melatih pemahaman konsep adalah model pembelajaran Guided Discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery terhadap Pemahaman Konsep dan respon peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-posttest Design yang melibatkan kelas eksperimen X MIA1 yang berjumlah 21 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan respon dalam bentuk angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari hasil respon peserta didik menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukkan bahwa yaitu 11,30> 1,725 untuk taraf signifikan 95% dan Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh Pemahaman Konsep peserta didik yang diajarkan melalui pembelajaran Guided Discovery pada materi gerak lurus serta Respon peserta didik terhadap model Guided Discovery pada materi gerak lurus terlihat sangat baik, hal ini dibuktikan dari analisis tanggapan peserta didik yang lebih banyak menjawab pada item ya, karena dapat membantu peserta didik memahami konsep keseluruhannya, konsep yang abstrak menjadi nyata, dapat melatih bekerja mandiri dan kerjasama.