Kompetensi Siswa dalam Membaca Al-Qur'an Berbasis Latar Belakang Pendidikan di MAN 2 Banda Aceh

Main Author: M. Taib Baraah, 211222479
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2194/1/Muhammad%20Taib%20Baraah.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2194/
https://repository.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • -lembaga pendidikan Islam sangat erat kaitannya dengan pendidikan al-Qur’ān, seperti salah satunya yaitu madrasah, yang secara lumrah bisa dikatakan siswanya dapat membaca al-Qur’ān dengan baik dan benar dibandingkan dengan siswa sekolah umum. Namun fenomena saat ini, masih ditemukannya siswa yang berlatar belakang pendidikannya madrasah akan tetapi tidak dapat membaca al-Qur’ān dengan baik dan benar. Hal itu menjadi salah satu permasalahan pembelajaran PAI, terutama pelajaran yang berkaitan dengan al-Qur’ān. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk mencari nilai perbandingan baca al-Qur’ān antara siswa yang berlatar belakang pendidikan Madrasah Tsānawiyyah (MTs) dan siswa yang berlatar belakang pendidikan Sekolah umum (SMP). Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada perbedaan yang signifikan antara bacaan al-Qur’an antara siswa berlatar belakang pendidikan MTs dan siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP?”. Penelitian dilakukan di MAN 2 Banda Aceh. dan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Banda Aceh yang berjumlah 150 orang siswa, dan sampelnya diambil 16 orang siswa dengan teknik random. kemudian Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dan Pengumpulan data dilakukan melalui tes baca al-Qur’ān. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bacaan al-Qur’ān antara siswa berlatar belakang pendidikan MTs diperoleh nilai rata-rata (mean) adalah 26.1250 dan siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP dengan rata-ratanya (mean) adalah 23.2500 dengan probabilitas (Sign.) 0,064. Karena probabilitas (Sig.) 0,064 > 0,05 maka hipotesis Ho ditolak (tidak ada perbedaan yang signifikan antara bacaan al-Qur’ān siswa berlatar belakang pendidikan MTs dan yang berlatar belakang Pendidikan SMP.