Tadbiq Uslub Brainstorming Litarqiyati Qudratu Thullab Ala Maharah Kalam (Dirasah Tajribiyah bi Ma'had Ummul Ayman Samalanga)

Main Author: Rauzatun Nufus, 221324036
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ar
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2150/1/Rauzatun%20Nufus_221324036.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2150/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang penelitian ini adalah kemampuan siswa Ummul Ayman Samalanga dalam berbicara bahasa Arab masih lemah dan takut salah, hal ini di sebabkan oleh guru yang belum menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan tabiat dan kebiasaan siswa, maka metode Brainstorming menjadi metode pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara di Pesantren Ummul Ayman Samalanga. Adapun masalah yang diteliti ialah: 1) Bagaimana proses penerapan metode Brainstorming dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Pesantren Ummul Ayman Samalanga, 2) Bagaimana respon siswa dengan penerapan metode Brainstorming di Pesantren Ummul Ayman Samalanga, 3) Apakah penerapan metode Brainstorming efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Pesantren Ummul Ayman Samalanga. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan model One Group Pre Test Post Test dan metode pengumpulan data menggunakan: Observasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Pesantren Ummul Ayman Samalanga dengan jumlah 273 siswa, dan sampel penelitian ialah siswa kelas XI B dengan jumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan metode Brainstorming sangat baik, hal ini di tunjukkan oleh nilai obesrvasi 91,25%. Dan hasil nilai t (hitung) lebih besar dari nilat t(tabel) yaitu 4,62>2,05 dengan demikian penerapan metode Brainstorming efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Pesantren Ummul Ayman Samalanga.