Penggunaan Media Virtual Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Tekanan di Kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh

Main Author: Darmayanti, 25122795
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/215/1/Darmayanti.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/215/
http://library.ar-raniry.ac.id/
Daftar Isi:
  • Fisika merupakan salah satu pembelajaran yang oleh sebagian siswa dipandang sulit. Berbagai konsep, prinsip, hukum, teori dalam fisika terkesan rumit sehingga sulit dipelajari, akibatnya dijauhi oleh siswa dikelas. Banyak siswa yang mempelajari fisika dengan cara menghafal, sehingga pemahaman mereka terhadap fisika jauh dari yang diharapkan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media virtual interaktif, maka telah dilakukan penelitian tentang penggunaan media virtual interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep tekanan di kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan respon siswa dengan menggunakan media virtual interaktif pada materi tekanan di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental. Instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk soal pilihan ganda dan angket. Berdasarkan analisis data tentang penggunaan media virtual interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep tekanan di kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen 80,64, lebih tinggi dari skor rata-rata posttest pada kelas kontrol 72,39. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung 3,08 > ttabel 1,68, sehingga HO ditolak dan Ha diterima, dan nilai N-Gain rata-rata kelas eksperimen adalah 0,64 sehingga mencapai triteria sedang dan analisis respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media virtual interaktif tergolong cukup tertarik ditunjukkan dengan respon siswa yang menjawab sangat setuju mencapai 51,66% dan setuju 38,66 %. Hal ini menunjukkan bahwa adanya penggunaan media virtual interaktif pada konsep tekanan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh.