Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kelarutan di Kelas XI MAS Darul Ihsan

Main Author: Sevka Reivina, 291223240
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2086/1/Sevka%20Reivina.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2086/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dialami siswa dalam memahami materi pelajaran kimia, salah satunya pada materi kesetimbangan kelarutan, dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang rendah dalam materi pelajaran kimia tersebut terutama yang berkaitan dengan perhitungan, sehingga siswa kesulitan dalam memahami pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kelarutan di kelas XI MAS Darul Ihsan dan untuk mengetahui respon siswa pada materi kesetimbangan kelarutan dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan data-data numerik diolah dengan menggunakan metode statistik. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda dan angket. Pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa kelas ekperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan, dimana kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata adalah 77,3 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata adalah 74,12. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t nilai yang diperoleh yaitu thitung ≥ ttabel atau 3,38 > 1,67 sesuai dengan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian hasil respon perolehan persentase dengan kriteria menjawab Ya = 92 %, tidak = 8 % hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Kesetimbangan Kelarutan lebih tinggi dengan menerapkan model pembelajara Problem Based Learning (PBL) dari pada tanpa menerapkan model (PBL) di MAS Darul Ihsan.