Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ciri-Ciri Khusus yang Dimiliki Hewan Melalui Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas VI MIN Mesjid Raya Banda Aceh
Main Author: | Marlinawati, 201121709 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/208/1/Marlinawati.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/208/ https://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan pembelajaran Sains yang baik tergantung pada cara guru menyajikan materi, mengelola kelas dan menggunakan model pembelajaran yang aktif dan kreatif, salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick yang merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana dalam berdiskusi dan kerjasama di kelas sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan guru pada materi ciri-ciri khusus yang dimiliki kewan melalui model kooperatif tipe Talking Stick. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa pada materi ciri-ciri khusus yang dimiliki kewan melalui model kooperatif tipe Talking Stick. (3) Mengetahui hasil belajar siswa melalui materi ciri-ciri khusus yang dimiliki kewan melalui model kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan (1) Lembar observasi kemampuan guru dan aktivitas siswa. (2) Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, (a) Kemampuan guru meningkat dari 82% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. (b) Aktivitas siswa meningkat dari 88% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. (c) Hasil tes prestasi belajar siklus I 58% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe talking stick pada pembelajaran Sains siswa lebih aktif, dan hasil belajarnya meningkat.