Penerapan Media Realia pada Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar

Main Author: Agus Mauliana, 201223411
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2049/1/Jurnal%20%28PDF%29.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2049/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Penerapan Media Realia pada Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar”. Pembelajaran tematik merupakan satu usaha untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap pembelajaran, serta pemikiran yang kreatif dengan menggunakan tema. Tujuan pembelajaran Tematik adalah agar siswa memahami kumpulan materi beberapa pelajaran dalam satu topik atau pembahasan secara rinci. Dalam belajar Tematik siswa banyak menghadapi konsep-konsep penting dari beberapa banyak materi yang harus dikuasai, dimaknai agar dapat diingat lebih lama oleh otak. Maka Tematik perlu diajarkan dengan cara yang tepat dengan melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Akan tetapi fakta yang terjadi di Lapangan guru masih menggunakan pembelajaran yang didominasi metode ceramah dan belum mengembangkan Media Realia pada proses belajar mengajar. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan mendengarkan penjelasan dari guru, sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana aktifitas guru dan siswa terhadap penerapan Media Realia pada pembelajaran Tematik di kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar. Bagaimana hasil belajar siswa terhadap penerapan Media Realia pada pembelajaran Tematik di kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Lamtamot Aceh Besar. Tes ini digunakan untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa, observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan aktiftas guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan Media Realia pada materi manfaat air bagi kehidupan pada siklus I 56,7% (cukup), pada siklus II 76,38% (baik) dan pada siklus III menjadi 86,11% (baik sekali).Aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan Media Realia pada materi manfaat air bagi kehidupan pada siklus I 54,54% (cukup), pada siklus II 77,27% (baik), dan pada siklus III sudah mencapai 88,63% (baik sekali). Hasil belajar siswa pada materi manfaat air bagi kehidupan juga mengalami peningkatan pada setiap siklus, siklus I masih 56,52%, pada siklus II menjadi 69,56%, dan pada siklus III mencapai 87%, dan sudah memenuhi angka KKM yaitu 70.