Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Besaran dan Satuan di MTss Babun Najah

Main Author: Nur Munawarah, 251020670
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2019/1/nur%20munawarah%20%28251020670%29.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2019/
http:library.Ar_raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa. Kurangnya partisipasi siswa dalam belajar sangat berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Besaran dan Satuan di MTsS Babun Najah. Jenis Metode dalam penelitian ini menggunakan metode pra eksperimen dengan desain penelitian pre test dan post test one group design yang dilakukan di MTsS Babun Najah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Babun Najah. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak satu kelas yaitu kelas VII2 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t dan uji N-Gain. Hasil uji statistik didapatkan thitung = 19,8 dengan dk = 23 pada taraf signifikan maka dari tabel distribusi t didapat t(0,95)(23) = 1,71 dimana yaitu 19,8 > 1,71. Sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan nilai rata-rata pada pre test 31,67 kemudian pada post test meningkat menjadi 74,79. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan metode eksperimen pada pembelajaran fisika khususnya materi besaran dan satuan adanya peningkatan hasil belajar.