Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 9 Banda Aceh

Main Author: Dara Farhaini, 291324956
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1888/1/PDF%20SKRIPSI%20GABUNG.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1888/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini kurang memberikan hasil yang maksimal, hal ini disebabkan karena kurangnya minat dan motivasi siswa serta model pembelajaran yang belum diterapkan secara baik untuk meningkatkan hasil belajar. Rendahnya hasil belajar kimia khususnya pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan karena materi ini dianggap sulit, siswa tidak mampu memahami konsep dasar dan juga perlu analisa yang baik untuk menyelesaikan masalah. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Aktivitas siswa (2). Aktivitas guru (3). Hasil belajar siswa (4). Respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 9 Banda Aceh dengan jumlah 27 siswa. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Persentase akativitas guru pada siklus I (78,84%), pada siklus II (82,69%), dan pada siklus III (88,46%). (2). Persentase akativitas siswa pada siklus I (79,16%), pada siklus II (81,16%), dan pada siklus III (79,16%). (3). Hasil belajar siswa mengalami peningkataan yaitu pada siklus I (66,6), pada sikus II adalah 73,7, dan siklus III adalah 75,18. Ketuntasan klasikal pada siklus I (62,96%), pada siklus II (77,77%), dan pada siklus III (88,88%). (4). Respon siswa menyatakan tertarik dengan presentase sebesar 83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada meteri kelarutan dan hasil kali kelarutan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPA 1 di SMA Negeri 9 Banda Aceh.