Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Haji di MIN Jeureula Aceh Besar
Main Author: | Farisah, 211323703 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1849/1/GABUNGAN.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1849/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Dalam proses belajar mengajar, guru berperan penting dalam penentuan berhasil tidaknya pencapaian pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran yang tepat adalah hal yang perlu diperhatikan guru dengan penerapan media vidio untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada pelajaran fikih materi haji. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1. Bagaimana cara membuat perencanaan media vidio dalam pembelajaran fikih materi haji bagi siswa di MIN Jeureula Aceh Besar 2. Bagaimana cara penerapan media vidio dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi haji di MIN Jeureula Aceh Besar 3. Bagaimana hasil belajar fikih materi haji melalui penerapan media vidio bagi siswa di MIN Jeureula Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas Va MIN Jeureula Aceh besar, dalam pengumpulan data penulis menggunakan tes yaitu tes setiap siklus, observasi dan respon siswa. Tes ini digunakan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa, tes yang digunakan berbentuk pilihan ganda. Hasil dari penelitian ini menjawab dari rumusan masalah yang mana perencanaan yang dilakukan pada pembelajaran fikih materi haji sudah terlaksana dengan bagus. penerapan media vidio pada pembelajaran fikih materi haji sudah mencapai keberhasilan. Hasil belajar siswa pada pembelajaran fikih materi haji sudah mencapai ketuntasan hal ini terlihat pada siklus I nilai rata-rata 71,90 dengan persentase 66,7% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 88,09 dengan persentase 90,5% terlihat sangat jelas peningkatan hasil belajar menggunakan media vidio mengalami peningkatan yang lebih baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa selama mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media vidio sebesar 95,6%, hasil proses pembelajaran ini tergolong kedalam kriteria sangat positif karena siswa senang dalam belajar sambil menggunakan media vidio.