Pengaruh Model Kooperatif CRH dan Model Kooperatif NHT terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di SMKN 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar
Main Author: | Risty Maifajir, 291324959 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1836/1/PDF%20DIGABUNG%20KESELURUHAN%20ISI..pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1836/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan di SMKN 1 Al-Mubarkeya, kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru sedangkan siswanya kurang aktif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, respon, dan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, kelas X-TGB sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif CRH dan kelas X-TO1 sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif NHT. Cara pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan soal tes (pre-tes dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada kelas eksperimen 1 memperoleh persentase sebesar 93,26% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 memperoleh persentase sebesar 83,33% dengan kategori tinggi. Respon siswa kelas eksperimen 1 memperoleh persentase sebesar 87,11% dengan kriteria tertarik. Sedangkan kelas eksperimen 2 memperoleh persentase sebesar 80,75% dengan kriteria tertarik. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 1 yaitu 34,67, nilai rata-rata post-test yaitu 79,67, dan nilai N-Gain sebesar 0,8 dengan kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 2 yaitu 34, nilai rata-rata post-test yaitu 70,67, dan nilai N-Gain sebesar 0,6 dengan katergori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan model pembelajaran kooperatif CRH dapat meningkatkan aktivitas, respon, dan hasil belajar siswa dibandingkan penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT pada materi pokok tata nama senyawa kimia di SMKN 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar.