Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Berdasarkan Taksonomi Bloom

Main Author: Zakiatun Nufus, 251121377
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/177/1/Zakiatun%20Nufus.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/177/
http://library.ar-raniry.ac.id/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan di kelas VII SMPN 18 Banda Aceh, terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang memperhatikan masalah yang sedang dialami siswa, kurang melibatkan siswa, sehingga siswa terlihat pasif dan bosan dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir tingkat rendah siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika dengan menerapkan metode Problem Solving? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika dengan menerapkan metode Problem Solving?. Penelitian ini merupakan penelitian Pra Eksperimen dengan desain one Pretest dan Postest. Data dikumpulkan melalui tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yaitu thitung > ttabel (15,38 > 2,00), yang artinya adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran Problem Solving. Hasil penelitian tes belajar siswa dengan nilai rata-rata pretest kemampuan tingkat rendah 56,7 nilai rata-rata post-test kemampuan tingkat rendah 82,6. Dan nilai rata-rata pretest kemampuan tingkat tinggi 53,96 dan nilai rata-rata post-test kemampuan tingkat tinggi 72,6. Dari hasil analisi dapat lihat bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika dengan menggunakan metode problem solving berdasarkan Taksonomi Bloom.