Penerapan Model Pembelajaran NHT dengan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid di MAS Babun Najah Banda Aceh
Main Author: | Agustiadi, 291325003 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1706/1/Agustiadi.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1706/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian di MAS Babun Najah Banda Aceh yang dilatar belakangi pada hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM pada materi koloid. Adapun KKM ( Keriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditetapkan dari sekolah yaitu 75. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran terhadap materi yang dibelajarkan kepada siswa. Adapun alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan suatu model kooperatif NHT dengan media video. Model pembelajaran Number Head Together adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa MAS Babun Najah dengan penerapan model pembelajaran NHT dengan media video dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran NHT dengan media video. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes hasil belajar dan angket. Data hasil tes hasil belajar dan angket dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil analisis data membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran NHT dengan media video pada materi Sistem Koloid dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 69,56% meningkat menjadi 91,30% pada siklus II. Hasil analisis respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran NHT dengan media video yaitu sangat positif dengan persentase 88,0%.