Hubungan antara Tingkat Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh

Main Author: Ayu Munira, 211222416
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1667/1/Ayu%20Munira.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1667/
http://library.ar-raniry.ac.id
ctrlnum 1667
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1667/</relation><title>Hubungan antara Tingkat Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh</title><creator>Ayu Munira, 211222416</creator><subject>2X7.3 Pendidikan</subject><description>Skripsi ini membahas tentang bagaimana pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Aqkidah Akhlak Siswa kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh. Dalam mewujudkan prestasi belajar akidah akhlak guru perlu memahami kekuatan kecerdasan spiritual siswa. Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, karena ia akan memberikan kemampuan kepada manusia untuk membedakan yang baik dengan yang buruk, memberi manusia rasa moral dan memberi manusia kemampuan untuk menyesuaikan dirinya dengan aturan-aturan yang baru. Berkaitan dengan pentingnya kecerdasaan spiritual siswa dan prestasi belajar akidah akhlak selanjutnya penulis mencoba untuk melakukan penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1). Untuk mengetahui bagaimanakah hubungan antara tingkat kecerdasan spiritual siswa dengan prestasi belajar siswa di MAS Darul Ulum Banda Aceh . 2). Untuk mengetahui sejauh manakah kecerdasan spiritual siswa mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 115 orang, sampelnya adalah 39 siswa yang dibagi ke dalam 3 kategori. Variabel yang diteliti adalah tingkat kecerdasan spiritual siswa dan prestasi belajar akidah akhlak. Data diambil dengan teknik tes tertulis dan lembar pengamatan sikap. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kecerdasan spiritual siswa mencapai 28 dalam kategori baik dan rata-rata prestasi belajar akidah akhlak sebesar 85 dalam kategori amat baik. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan nilai r0 pada kategori&#x201D;A&#x201D; sebesar 29,75 sedangkan rt pada taraf signifikan 5% yaitu 0,482, r0 pada kategori&#x201D;B&#x201D; sebesar 1,454 sedangkan rt pada taraf signifikan 5% yaitu 0, 532, dan r0 pada kategori&#x201D;C&#x201D; sebesar 0,062 sedangkan rt pada taraf signifikan 5% yaitu 0,707. Dengan demikian pada taraf signifikansi 5% hasilnya adalah signifikan, yang berarti ada korelasi yang positif antara kedua variabel. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan prestasi belajar siswa.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by</rights><identifier>https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1667/1/Ayu%20Munira.pdf</identifier><identifier> Ayu Munira, 211222416 (2016) Hubungan antara Tingkat Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. </identifier><relation>http://library.ar-raniry.ac.id</relation><recordID>1667</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ayu Munira, 211222416
title Hubungan antara Tingkat Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh
publishDate 2016
topic 2X7.3 Pendidikan
url https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1667/1/Ayu%20Munira.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1667/
http://library.ar-raniry.ac.id
contents Skripsi ini membahas tentang bagaimana pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Aqkidah Akhlak Siswa kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh. Dalam mewujudkan prestasi belajar akidah akhlak guru perlu memahami kekuatan kecerdasan spiritual siswa. Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, karena ia akan memberikan kemampuan kepada manusia untuk membedakan yang baik dengan yang buruk, memberi manusia rasa moral dan memberi manusia kemampuan untuk menyesuaikan dirinya dengan aturan-aturan yang baru. Berkaitan dengan pentingnya kecerdasaan spiritual siswa dan prestasi belajar akidah akhlak selanjutnya penulis mencoba untuk melakukan penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1). Untuk mengetahui bagaimanakah hubungan antara tingkat kecerdasan spiritual siswa dengan prestasi belajar siswa di MAS Darul Ulum Banda Aceh . 2). Untuk mengetahui sejauh manakah kecerdasan spiritual siswa mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 115 orang, sampelnya adalah 39 siswa yang dibagi ke dalam 3 kategori. Variabel yang diteliti adalah tingkat kecerdasan spiritual siswa dan prestasi belajar akidah akhlak. Data diambil dengan teknik tes tertulis dan lembar pengamatan sikap. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kecerdasan spiritual siswa mencapai 28 dalam kategori baik dan rata-rata prestasi belajar akidah akhlak sebesar 85 dalam kategori amat baik. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan nilai r0 pada kategori”A” sebesar 29,75 sedangkan rt pada taraf signifikan 5% yaitu 0,482, r0 pada kategori”B” sebesar 1,454 sedangkan rt pada taraf signifikan 5% yaitu 0, 532, dan r0 pada kategori”C” sebesar 0,062 sedangkan rt pada taraf signifikan 5% yaitu 0,707. Dengan demikian pada taraf signifikansi 5% hasilnya adalah signifikan, yang berarti ada korelasi yang positif antara kedua variabel. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan prestasi belajar siswa.
id IOS4839.1667
institution Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 416
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
library_id 501
collection Repository UIN Ar-raniry
repository_id 4839
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA BANDA ACEH
province ACEH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4839
first_indexed 2018-10-24T05:12:06Z
last_indexed 2020-01-16T06:08:14Z
recordtype dc
_version_ 1686271190070460416
score 17.538404