Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada MAT Pelajaran IPS di Kelas V MIN Merduati Kota Banda Aceh

Main Author: erwin yansyah, 201121701
Format: Thesis PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1556/2/erwin%20yansyah.%20pdf.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1556/
https://repository.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nama : Erwin Yansyah NIM : 201121701 Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan / PGMI Judul : Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V MIN Merduati Kota Banda Aceh Tanggal sidang : Tebal Skripsi : Pembimbing I : Dra. TasnimIdris, M.Ag Pembimbing II : Syahidan Nurdin, M.Pd Kata Kunci : Media Audio Visual dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pelaksanaan pembelajaran IPS yang baik tergantung pada cara guru menyajikan materi, mengelola kelas dan penggunaan media pembelajaran.Salah satu media pembelajaran adalah media audio visual yang merupakan media yang efektif dalam memaparkan materi pembelajaran IPS.Melalui media audio visual danberdiskusi serta kerjasama di kelas dapat memotivasi siswa untuk belajar. Dengan menggunakan media audio visul dalam pembelajaran IPS siswa lebih terekam dan suasana belajar lebih hidup. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa, (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, (3)dan bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan media Audio Visual pada pembelajaran IPS di kelas V MIN Merduati Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan (1) Lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa juga soal post test untuk mendapatkan data hasil belajar siswa. (2) Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, (a) Aktivitas guru meningkat dari 89% pada siklus I menjadi 98% pada siklus II. (b) Aktivitas siswa meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. (c) Hasil tes prestasi belajar siklus I 65% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Audio Visual pada pembelajaran IPS siswa lebih aktif, dan hasil belajarnya meningkat.