Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Hidup Bersih dan Sehat Kelas II MIN 16 Aceh Besar

Main Author: Cut Nurrahmah, 201325047
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1471/1/skripsi%20lengkap.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1471/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nama : Cut Nurrahmah NIM : 201325047 Fakultas/ Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/ Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa padaTema Hidup Bersih dan Sehat Kelas II MIN 16 Aceh Besar Tanggal Sidang : 20 Juli 2017 Tebal Skripsi : 77 Pembimbing I : Dr. Azhar, M.Pd Pembimbing II : Darmiah, M.A Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif picture and picture, hasil Belajar Skripsi ini berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema hidup bersih dan sehat di kelas II MIN Sungai Makmur Aceh Besar. Model pembelajaran merupakan suatu model yang digunakan guru dalam rangka memudahkan pemecahan suatu materi yang disampaikan sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam hasil belajar yang sesuai dengan materi. Adapun tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture, untuk mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya perencanaa, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MIN Sungai Makmur Aceh Besar yang berjumlah 28 siswa. Daalam mengumpulkan data penulis menggunakan beberapa metode yaitu observasi guru,observasi siswa dan tes. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa observasi aktivitas guru pada siklus I 44,31%, siklus II 68,18%, dan siklus III 79,54%, dan selanjutnya aktivitas siswa pada siklus I 51,13%, siklus II 64,77%, dan siklus III 73,86%, kemudian hasil belajar siswa pada siklus I 44,28 (25%), siklus II 57,50 (35,71%), dan siklus III 82,85 (82,14%) dan telah mencapai KKM. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa.