Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar
Main Author: | Devi Yani, 271324768 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1391/1/PDF%20GABUNG.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1391/ https://repository.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Dengan adanya kompetensi pedagogik ini maka dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik serta menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Namun, permasalahan yang sering terjadi bahwa kurangnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik, sedangkan keberhasilan kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari seorang guru. Semakin bagus kompetensi pedagogik guru maka semakin bagus pula terciptanya suatu pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk Untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, untuk mengetahui model pembinaan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, dan untuk mengetahui kendala kepala sekolah dalam melakukan pembinaan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Bentuk penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, dua orang wakil kepala sekolah, dan empat guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah memiliki dua gaya kepemimpinan yaitu, gaya kepemimpinan karismatik dan gaya kepemimpinan demokratis. Sementara model pembinaan kompetensi pedagogik guru yang kepala sekolah SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah gunakan adalah model supervisi kelas, workshop atau lokakarya, pengadaan rapat sekolah, dan seminar atau pelatihan. Kendala kepala sekolah SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah dalam pembinaan kompetensi pedagogik guru yaitu, kurangnya persiapan guru dalam membuat perangkat pembelajaran, kesibukan kepala sekolah, dan ada beberapa guru yang kurang disiplin dalam menghadiri rapat.