Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara Aceh Tengah
Main Author: | Ruwaida, 271325040 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1371/1/PDF%20GABUNG.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1371/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara merupakan salah satu sekolah unggul di Aceh Tengah. Di samping itu, Sekolah ini telah melaksanakan program pendidikan karakter sejak awal berdirinya, seperti: shalat dhuha, shalat berjamaah, dan disiplin yang tinggi, Akan tetapi masih banyak permasalahan-permasalahan yang timbul di SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara tersebut seperti masih banyak siswa yang tidak mentaati peraturan yang sudah diterapkan, dan kurangnya sarana dan prasarana sekolah seperti kekurangan air.Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara, untuk mengetahui program-program pembentukan karakter peserta didik yang dilakukan di SMA Nenggeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara, dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dua orang guru, dan dua orang siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik, kepala sekolah berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin atau manajer, program- program pembentukan karakter peserta didik sudah berjalan dengan lancar sesuai apa yang telah direncanakan sejak awal berdirinya sekolah, program yang dijalankan ada yang mengalami penambahan sebagai pendukung dalam pembentukan karakter tersebut yang telah direncanakan sebelumnya, tingkat keberhasilan pembentukan karakter peserta didik sangat memuaskan. Adapun yang menjadi bukti keberhasilanya bisa dilihat dari prestasi-prestasi yang banyak didapatkan, penghargaan yang mengharumkan sekolah, sikap dan tingkah laku siswa yang sangat membangakan baik itu bagi sekolah, orang tua bahkan masyarakat.