Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di MAN Indrapuri
Main Author: | Aida Fitria, 291325033 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1361/1/PDF%20DIGABUNG%20KESELURUHAN%20ISI.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1361/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Kesulitan siswa dalam memahami materi koloid mengakibatkan hasil belajar siswa banyak yang belum tuntas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dan proses pembelajaran secara konvensional pada materi koloid di MAN Indrapuri Aceh Besar? (2) apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional pada materi koloid di MAN Indrapuri Aceh Besar? (3) Bagaimana respon siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dan proses pembelajaran secara konvensional pada materi koloid di MAN Indrapuri Aceh Besar?. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan : (1) data aktivitas siswa dalam bentuk observasi, (2) tes dalam bentuk pilihan ganda, (3) respon siswa dalam bentuk angket. Hasil penelitian yang ditemukan: (1) aktivitas siswa di kelas eksperimen lebih baik daripada aktivitas siswa di kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai persentase rata-rata dari kedua pengamat dikelas PjBL yaitu 89,1%, sedangkan persentase rata-rata dikelas konvensional yaitu 73,03%. (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PjBl dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional pada materi koloid. Hal ini dibuktikan dengan uji t yaitu thitung > ttabel yaitu 4,79 > 1,67. (3) hasil respon siswa di kelas PjBL persentase rata-ratanya 92,4% dengan kategori sangat setuju dan setuju, sedangkan persentase rata-rata di kelas kovensional 90,7% dengan kategori tidak setuju dan sangat tidak setuju.