Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMPN 1 Pasie Raja Aceh Selatan
Main Author: | Rizki Rahma Putri, 281223223 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1315/1/skripsi%20gabungan.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1315/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Salah satu model pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam belajar yaitu model pembelajaran kooperatif tipe scramble, model ini merupakan model pembelajaran yang menggunakan fasilitas kartu yang berisi suatu permasalahan dengan jawaban diacak yang akan disusun oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan pada materi sistem peredaran darah manusia dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 sampai 30 Januari 2017 di SMPN 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan bentuk pretest-posttes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pasie Raja yang berjumlah 156 siswa dan sampel penelitiannya adalah kelas VIII1 yang berjumlah 27 siswa dengan pemilihan sampel secara teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Lembar Observasi Belajar Siswa dan soal tes (pre-test dan post-test). Hasil analisis data observasi minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa pada setiap pertemuan dari katagori aktif dengan pesertanse 75% sampai dengan katagori sangat aktif dengan persentanse 84,4% dan 87,5%, peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan pada materi sistem peredaran darah manusia dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung > ttable yaitu: 5,609 > 2,021. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.