Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory
Main Authors: | Warul Walidin, ., Saifullah Idris, 2006047203, Tabrani, . |
---|---|
Other Authors: | Masbur, M.Ag, . |
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FTK Ar-Raniry Press
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1301/1/Full%20Buku%20MP%20Kualitatif%20%26%20Grounded%20Theory.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1301/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan dalam berbagai kesempatan selalu diperdebatkan sepanjang waktu, di mana tolak ukur yang digunakan untuk tiap-tiap paradigma selalu menjadi perhatian utama para peneliti. Perdebatan muncul karena perbedaan cara pandang sebuah sistem kehidupan. Dilema penelitian kualitatif dan kuantitatif, sebenarnya terpusat kepada masalah apakah ada hubungan antara paradigma penelitian dan tipe metodologi kedua jenis penelitian tersebut. Jika penelitian kuantitatif biasanya lebih menekankan kepada cara pikir yang lebih positivistik yang bertitik tolak dari fakta sosial yang ditarik dari realitas objektif, di samping asumsi teoritis lainnya, maka penelitian kualitatif bertitik tolak dari paradigma fenomenologis yang objektivitasnya dibangun atas rumusan tentang situasi tertentu sebagaimana yang dihayati oleh individu atau kelompok sosial terbaru dan relevan dengan tujuan dari penelitian itu. Berbeda dengan penelitian kuantitatif, tetapi lebih berupaya memahami situasi tertentu. Penelitian kualitatif dapat memberikan banyak pilihan cara untuk melihat, menafsirkan dan memaknai suatu fenomena yang sesungguhnya terjadi dilingkungkan sekitar manusia.