Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIS Peuribu Aceh Barat

Main Author: Risma Yani, 201223403
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1293/1/Risma%20Yani.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1293/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIS Peuribu Aceh Barat”. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang sekolah dasar, salah satu materi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan Alam yaitu materi kerangka manusia yang harus dipahami oleh siswa, namun siswa masih lambat dalam memahami materi kerangka manusia yang disebabkan oleh kurangnya model atau metode yang guru gunakan pada saat proses pembelajaran sehingga menyebabkan nilai siswa tidak tuntas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa dengan digunakannya pendekatan contextual teaching and learning pada tema organ tubuh manusia dan hewan di kelas V MIS Peuribu Aceh Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, aktivitas guru, serta hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V MIS Peuribu Aceh Barat yang berjumlah 29 siswa, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan menganalisis rubrik penelitian hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I yaitu 48,57%, meningkat pada siklus II yaitu 76,71%, dan meningkat pada siklus III yaitu 94,28%. Aktivitas guru pada siklus I yaitu 53,68%, meningkat pada siklus II yaitu 83,15%, dan meningkat pada siklus III yaitu 97,89%, hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 31,03%, meningkat pada siklus II yaitu 51,72%, dan meningkat pada siklus III yaitu 89,65%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap tema organ tubuh manusia dan hewan pada kelas V MIS Peuribu Aceh Barat.