Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pictorial Riddle pada Konsep Alat-alat Optik di Kelas VIII SMP N 2 Banda Aceh

Main Author: Aggusnita, 251121365
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1274/1/PDF%20DIGABUNG%20KESELURUHAN%20ISI.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1274/
https://liberaly.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMPN 2 Banda Aceh, secara umum siswa tidak termotivasi dalam belajar fisika dikarenakan kegiatan belajar mengajar disekolah ini masih berlangsung secara konvensional misalnya ceramah, guru mengajarkan tentang materi pembelajaran dan siswa mendengarkan. Kemudian dilakukan tanya jawab antara siswa dan guru. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran alat-alat optik dikelas VIII SMPN 2 Banda Aceh?2) Bagaimana respon siswa dengan menerapkan metode Pictorial Riddle pada konsep alat-alat optik dikelas VIII SMPN 2 Banda Aceh? 3¬) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Pictorial Riddle pada konsep alat-alat optik dikelas VIII SMPN 2 Banda Aceh?. Penelitian ini menggunakanQuasi Eksperimen dengan desain Pretest dan Postest yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar. Aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran menggunakan metode Pictorial Riddle dengan persentase 95,8% tergolong sangat baik dan aktivitasi siswa dengan persentase rata-rata 92,5% tergolong sangat tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode Pictorial Riddle pada konsep Alat-alat Optik mendapatkan respon sangat baik, dengan persentase 96,4%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yaitu thitung>ttabel (26,40> 2,00), yang artinya adanya peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang diajarkan menggunakan metode Pictorial Riddle dengan kelas yang diajarkan tanpa menggunakan Pictorial Riddle.