Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick pada Materi Koloid Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMA Inshafuddin

Main Author: Ratna Dewi, 291324958
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1259/1/skripsi%20pdf%20gabung.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1259/
http://librari.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Kimia merupakan disiplin ilmu pengetahuan yang melatih manusia berfikir logis, kritis, dan menyelesaikan permasalahan yang menyangkut aspek kehidupan. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari kimia. Salah satu penyebabnya karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitaas siswa, respons siswa serta perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan model Konvensional pada materi koloid di SMA Inshafuddin. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Exprimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Inshafuddin yang berjumlah 57 orang, sedangkan sampel dalam penelitian diambil siswa kelas XI IPA1 (kelas eksperimen) yang berjumlah 30 orang dan siswa kelas XI IPA2 (kelas kontrol) yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis yang terdiri dari pre-test, dan post-test lembar observasi kegiatan siswa, serta angket yang berisi tentang respons siswa. Dari hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick tergolong aktif dengan jumlah nilai rata-rata adalah 88,66. Respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick sangat tertarik, dengan jumlah nilai rata-rata siswa yang menjawab “ya” adalah 91,99. Kemudian data hasil tes yang diperoleh dari penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05, maka diperoleh thitung > ttabel yaitu t4,82> t2,01, maka H0 ditolak. Dengan demikian Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran Talking Stick dengan model konvensional pada materi koloid di SMA Inshafuddin.