Tatbiqul Ghina'Fi Tahfidhi Tasrif Al-Fi'il Al-Mu'tal Akhir Dirasah Tajribiyah Limarhalati Al-Mutawasitati bi Ma'had Babul U'lum Abu Lueng Ie Aceh Besar
Main Author: | Sumarlis, 221324014 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ar |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1193/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1193/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Judul skripsi ini ialah Penerapan nyanyian dalam menghafal tasrif fi’il mu’tal akhir (Penelitian Eksperimen Di Dayah Babul U’lum Abu Lueng Ie) Adapun sebab- sebab yang mendorong peneliti untuk menulis skripsi ini, peneliti melihat bahwa murid- murid di dayah ini kesulitan memahami dan mengahafal tasrif fi’il mu’tal akhir dan ini berbeda dengan fi’il madhi dan mudharik, sebagaimana kita ketahui fi’il mu’tal akhir ada yang dihapuskan, di gantikan atau dimasukkan. Berdasarkan hal ini peneliti menerapkan nyanyian dalam menghafal tasrif fi’il mu’tal akhir sebagai solusi untuk masalah ini. Adapun tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini ialah untuk mengetahui respon murid dalam menghafal tasrif fi’il mu’tal akhir dengan metode nyanyian. Dan untuk mengetahui keefektivan metode nyanyian dalam meningkatkan kemampuan murid menghafal tasrif fi’il mu’tal akhir. Adapun populasi dalam penelitian ini ialah seluruh murid di dayah babul u’lum abu lueng ie Aceh besar dengan jumlah 150 murid. Maka peneliti mengambil sampel murid kelas 3 yang berjumlah 15 orang. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen (Experiment Research). Dan untuk analisis data, peneliti menggunakan observasi, soal pre-test dan pos-test. Adapun hasil keseluruhan penelitian ini bahwa respon murid dalam menghafal tasrif fi’il mu’tal akhir baik untuk murid dalam pembelajaran tasrif, dan ini diketahui peneliti dari kesimpulan hitungan lembar observasi guru dengan nilai p= 82,69 % dan nilai ini berada di antara 81-100% dengan arti istimewa serta kesimpulan hitungan lembar observasi murid dengan nilai p= 71,15 % dan ini berada di antara 66-80 % dengan arti bagus sekali. Ini menunjukan bahwa nilai hitung (ttest) lebih besar dari nilai (ttabel) atau 2,14 < 14,34 > 2,98.