Penggunaan Media Gambar Seri Pada Tema Indahnya Kebersamaan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh

Main Author: Vera Desviana, 201324601
Format: Thesis PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1181/3/SKRIPSI%20VERA%20DESVIANA.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1181/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rendahnya keterampilan menulis siswa khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia masih dialami oleh siswa kelas IV MIN 5 Banda Aceh yang disebabkan guru belum menggunakan media yang cocok dalam menulis yaitu mengajar menulis hanya dengan menyuruh siswa mengikuti tulisan guru di papan tulis saja tanpa ada media pendukung. Oleh karena itu, banyak siswa yang kesulitan dalam menulis dan siswa terlihat tidak aktif dalam pembelajaran sehingga diharapkan dengan penggunaan media gmbar seri pada tema indahnya kebersamaan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana aktivitas guru dan siwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV MIN 5 Banda Aceh? Kedua, bagaimana respon siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis dikelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh? Ketiga, bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh dengan menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitianya adalah siswa kelas IVD MIN 5 Kota Banda Aceh yang berjumlah 34 orang. Kemampuan guru selama proses pembelajaran, yaitu pada siklus I masih berada kategori kurang yaitu 69%, pada siklus II sudah mencapai kategori baik yaitu 81% dan pada Siklus III yaitu 93% dengan kategori sangat baik. Serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran, yaitu pada siklus I masih berada kategori kurang yaitu 68%, pada siklus II sudah mencapai kategori baik yaitu 83% dan pada Siklus III yaitu 92% dengan kategori sangat baik. Sementara hasil respon siswa secara keseluruhan menunjukkan terdapat 73 % siswa yang sangat setuju (SS), 23% siswa yang setuju (S) dan 4% siswa yang tidak setuju (TS). Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa senang dan termotivasi dengan penggunaan media pembelajaran gambar seri. Hal ini ditunjukkan dengan keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan, pada hasil presentase pretest yaitu 32%, siklus I yaitu 47%, siklus II yaitu 70%, siklus III yaitu 85%, dan tes akhir yaitu 91 % hal ini menunjukkan bahwa sudah mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 80%. Secara keseluruhan hasil penelitian yang berlangsung selama III siklus menunjukkan bahwa media gambar seri dapat diterapkan pada materi menulis.