Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari di Kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur

Main Author: Nuzula Ulfa, 291223332
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1130/1/Nuzula%20Ulfa.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1130/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMPN 1 Sukamakmur menunjukkan bahwa siswa kelas VIII masih kurang mampu untuk memahami pembelajaran salah satunya pada materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, kendala pada siswa dalam mempelajari kimia bersumber pada kesulitan dalam memahami istilah-istilah dalam ilmu kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran PBL pada materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur Aceh Besar. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan menggunakan pola satu grup pretest dan posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan pemberian tes berbentuk multiple choice dan pemberian angket. Data observasi dan respon dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, sedangkan hasil tes di analisis dengan uji-t. Hasil dari persentase aktivitas belajar siswa dengan nilai tertinggi yaitu 94% dengan kriteria baik sekali dan nilai terendahnya yaitu 78% namun masih dalam kriteria baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran PBL dengan hasil uji-t diperoleh thitung> ttabel yaitu 20,42 > 2,08. Respon siswa sangat tertarik terhadap model PBL dengan hasil persentase yang menjawab “Ya” yaitu 92,1% dan jawaban “Tidak” 7,9%.