Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Asam Basa di Kelas XI IPA SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar
Main Author: | Busratun Muazzinah, 291223310 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1118/1/Busratun%20Muazzinah.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1118/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Asam Basa di Kelas XI IPA SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep siswa dan respon siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran Macromedia Flash pada materi asam basa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 orang siswa. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experiment desain One Group Pretest Posttest yang menggunakan satu kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes dan angket respon siswa. Pretest diberikan sebelum perlakuan untuk mengukur pemahaman awal siswa sedangkan Posttest diberikan untuk mengukur pemahaman akhir siswa setelah diberikan perlakuan. Teknik analisis data pemahaman konsep siswa dengan menggunakan analisis statistik uji-t dan data respon siswa dengan analisis persentase. Berdasarkan hasil analisis nilai Pretest dan Posttest didapatkan nilai thitung = 5,11 lebih besar daripada ttabel = 2,08 (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan. Selanjutnya siswa memberikan respon positif dengan jumlah rata-rata persentase pilihan Sangat Setuju ditambah dengan pilihan Setuju sebesar 99,2% masuk ke dalam kategori Sangat Tertarik dengan range (81% - 100%). Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran Macromedia Flash dapat memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar dan memberikan respon positif terhadap media pembelajaran tersebut.