Penggunaan Media Gambar Tunggal untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas di Kelas V MIN Model Banda Aceh

Main Author: Muliani, 201121741
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1085/1/Muliani.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1085/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Bahasa Indonesia merupakan salah satu modal penting dalam berkomunikasi sesama peserta didik. Salah satu materi Bahasa Indonesia yang diajarkan di SD/MI adalah menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat. Pada proses pembelajaran berlangsung kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas masih kurang. Hal ini disebabkan karena siswa kurang mampu dalam mengungkapkan ide-ide nya dalam bentuk puisi. Oleh sebab itu peneliti menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam mengungkapkan ide-ide mereka. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah tingkat aktivitas siswa kelas V MIN Model Banda Aceh pada materi menulis puisi dengan menggunakan media gambar? (2) Bagaimanakah tingkat kemampuan guru MIN Model Banda Aceh pada materi menulis puisi dengan menggunakan media gambar? (3) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MIN Model Banda Aceh setelah menggunakan media gambar? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelasV2 MIN Model Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes akhir. Observasi ini digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan tingkat aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media gambar. Tes ini digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Tes yang digunakan berbentuk essay. Kemudian hasil ini dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tingkat aktivitas guru meningkat dari 70,00% pada siklus I, meningkat menjadi 90,00% pada siklus II, dan tingkat aktivitas siswa meningkat dari 69,23% pada siklus I, meningkat menjadi 88,46% pada siklus II. Hasil belajar siswa sebesar 43,75% padasiklus I, dan meningkat menjadi 87,50% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi.