Pengaruh Metode Pembelajaran PAI terhadap Semangat Belajar Siswa di SMP Islam YPUI Banda Aceh

Main Author: rahmad fitra, 211222326
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1078/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1078/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh metode pembelajaran PAI terhadap semangat belajar siswa di SMP Islam YPUI Banda Aceh dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran PAI terhadap semangat belajar siswa. Penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian lapangan (field Research). Data dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan angket untuk responsiswa. Data dianalisis melalui rumus persentase, hasil penelitian menunjukan bahwa siswa cukup merespon dengan pembelajaran yang menggunakan berbagai macam metode termasuk kategori yang cukup segnifikan. Berdasarkan angket responsiswa yang telah diisioleh 28 orang siswa setelah mengikuti pembelajaran PAI yang memperpadukan metode pembelajaran. Pengisian angket respon siswa ini bertujuan untuk mengetahui perasaan, minat dan semangat belajar siswa mengenai pengaruh metode pembelajaran tehadap semangat belajar siswa. Persentase jawaban siswa terhadap pengaruh metode pembelajaran PAI dengan kriteria A .ya = 61,42%, B. kadang-kadang = 31,78%, C. jarangsekali = 2,32% dan D. tidak = 1,96%. Dengan kategori jawaban 79-60% (sebagianbesar). Jadi pembelajaran PAI yang menggunakan berbagai macam metode dikatakan berhasil dengan sebagian besar siswa dapat semangat dalam mengikuti pembelajaran.