Peran Guru Bimbingan dan Konseling dan Orang Tua dalam Mengatasi Siswa yang Prestasinya Rendah di SMA N 1 Lampeuneurut

Main Author: Faisal Zulkifli, 270 717 177
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1069/1/FAISAL%20ZULKIFLI.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1069/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Sejalan dengan perkembangan zaman di era ini, dunia pendidikan menjadi tuntutan bagi setiap manusia untuk menunjang ilmu pendidikan. Peran guru bimbingan dan konseling dan orang tua siswa dalam mengatasi siswa yang berprestasi rendah di SMA Negeri 1 Lampeunurut menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai seorang guru bimbingan dan konseling. Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa yang berprestasi rendah di SMA Negeri 1 Lampeunurut tidak terlepasa dari peran orang tua siswa dalam meningkatkan prestasi anaknya di sekolah. Saat ini begitu banyak siswa yang menjadi didikan gurunya di sekolah dan beragam pula kemampuan IQ yang dimiliki oleh siswa, oleh karena itu guru bimbingan dan konseling dan orang tua siswa memiliki peran yang sangat penting yaitu meningkatkan prestasi siswa di sekolah, mengingat begitu banyaknya siswa yang berprestasi rendah di SMA Negeri 1 Lampeunurut menjadi tingkat ukur prestasi siswa muncul, ada yang berprestasi rendah dan ada yang berprestasi tinggi. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan. Adapun yang menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana langkah guru bimbingan konseling dalam mengatasi siswa yang berprestasi rendah di SMA Negeri 1 Lampuenurut, (2) bagaimana peran dan tanggapan orang tua siswa dalam mengatasi anaknya yang berprestasi rendah di SMA Negeri 1 Lampuenurut. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa yang berprestasi rendah di SMA Negeri 1 Lampuenurut, (2) untuk mengetahui peran orang tua siswa dalam mengatasi anaknya yang berprestasi rendah di SMU Negeri 1 Lampuenurut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa yang berprestasi rendah di SMA Negeri 1 Lampeunurut belum maksimal, dan peran orang tua siswa dalam mengatasi anaknya yang berpretasi rendah di SMA Negeri 1 Lampeunurut juga masih belum maksimal.