Penggunaan Media Realia Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Pembelajaran IPA di Kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh

Main Author: Ningrum Wahyuni, 201121715
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1055/1/Ningrum%20Wahyuni.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1055/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Realia Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Min Mesjid Raya Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi mengidentifikasikan jenis-jenis tanah dengan penggunaan media realia melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A MIN Mesjid Raya Banda Aceh yang berjumlah 42 orang siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal pilihan ganda dan lembaran observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 94,96% (sangat tinggi) sedangkan pada siklus I sebesar 64,2% (rendah). Aktivitas guru dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dari pertemuan pertama yaitu sebesar 3,99 (baik) naik menjadi 4,64 (sangat baik). Dan untuk hasil belajar siswa diperoleh sebesar 64,2 persen pada pembelajaran siklus I sedangkan pada siklus II adalah sebasar 83,34 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat diterapakn pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Min Mesjid Raya Banda Aceh.