Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning pada Materi Hidrokarbon di Kelas X SMAN 1 Indrapuri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Main Author: | Nurkhaili, 291223337 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1053/1/Nurkhaili.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1053/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi peneliti tentang kegiatan pembelajaran kimia di SMAN 1 Indrapuri menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi kimia. Dalam pembelajaran masih didominasi dengan metode ceramah, diskusi, dan pemberian tugas dan belum menerapkan model pembelajaran quantum learning. Hal tersebut kurang menarik minat belajar siswa sehingga berdampak terhadap hasil belajar dan ketuntasan bidang studi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan respon siswa melalui model pembelajaran quantum learning. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas X.3 SMAN 1 Indrapuri yang berjumlah 20 orang siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Data penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi, tes dan angket. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persentase aktivitas siswa pada siklus I 63,75% dan siklus II 87,5% mengalami peningkatan. (2) Hasil tes menunjukkan peningkatan dari siklus I 70% dan pada siklus II 80%. (3) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran quantum learning mencapai 97,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning pada materi hidrokarbon di SMAN 1 Indrapuri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.