Penerapan Pendekatan Discovery Learning pada MAteri Fluida untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMAN 1 Labuhan Haji Aceh Selatan
Main Author: | Miftahurrahmah, 251222788 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1031/1/Miftahurrahmah.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1031/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang penulis lakukan di SMAN 1 Labuhan Haji Aceh Selatan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dan lemah dalam menguasai konsep fisika, hal ini berpengaruh pada nilai akhir siswa, bahkan belajarnya tidak tuntas sesuai dengan KKM 68%. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah pendekatan pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan penerapan pendekatan Discovery Learning pada materi fluida dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMAN 1 Labuhan Haji Aceh Selatan. Jenis penelitian ini adalah Pra Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Labuhan Haji. Sampel dalam penelitian ini di ambil dari populasi sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI IPA2, yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes. Data hasil tes di analisis dengan menggunakan uji-t untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Fluida dari hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Discovery Learning di kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan Haji Aceh Selatan, dengan nilai thitung > ttabel atau 8,41 > 1,71 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.