Penggunaan Macromedia Flash pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Darussalam Banda Aceh

Main Author: Munira Maghfirah, 291223323
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1024/1/Munira%20Magfirah.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1024/
https://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Dalam proses belajar mengajar siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran kimia yang disampaikan oleh guru. Salah satu yang menyebabkan kesulitan tersebut adalah guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa tidak dapat berfikir lebih konkrit dan menyebabkan hasil prestasi belajar siswa tidak sepenuhnya baik, maka dilakukan penelitian tentang penggunaan macromedia flas pada materi larutan penyangga di kelas XI MAN Darussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan macromedia flas pada materi larutan penyangga di kelas XI MAN Darussalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan macromedia flash pada materi larutan penyangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MAN Darussalam?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di MAN Darussalam, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, dengan pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena dalam penelitian ini menggunakan data-data numerik yang dapat diolah dengan menggunakan metode statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dengan bentuk instrumen penelitian soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen ̅ =79,7 dan nilai rata-rata kelas kontrol ̅ = 67,5. Data dari hasil tes yang telah dilakukan pengolahan data pengujian hipotesis menggunakan uji-t (t-tes) pada = 0,95 dengan derajat kebebasan (dk)60, diperoleh thitung = 3,67 dan untuk ttabel diperoleh 1,67. Dengan kriteria pengujian yaitu t hitung ≥ t table, maka H0 ditolak Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan macromedia flash dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional pada materi larutan penyangga di MAN Darussalam Aceh Besar.