Pengaruh Penggunaan Animasi Macromedia Flash pada Materi Hidrokarbon di Kelas XI SMAN 1 Teunom Terhadap Hasil Belajar Siswa

Main Author: Turini, 291223302
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1003/1/Turini.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1003/
http://repository.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil penelitian dalam bidang pengajaran kimia menunjukkan bahwa salah satu sumber kesulitan utama dalam pembelajaran kimia adalah kurangnya penggunaan media terhadap materi yang diajarkan kepada siswanya. Animasi Macromedia flash adalah salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran khususnya materi hidrokarbon gunanya untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran kimia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh animasi Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan animasi Macromedia Flash pada materi hidrokarbon SMAN 1 Teunom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu pengambilan dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Teunom. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA2 yang berjumlah 17 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPA1 yang berjumlah 13 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus N-Gain dan uji t. Dari hasil penelitian diketahui rerata N-Gain kelas kontrol adalah 0,2 termasuk kategori rendah, dan kelas eksperimen adalah 0,5 termasuk kategori sedang. Sedangkan dari hasil uji statistik dengan SPSS versi 17.0 menunjukkan bahwa nilai pos test yaitu sig. (2-tailed) 0,002, dan taraf signifikan α = 0,05, maka 0,002 < 0,05. H0 ditolak dan Ha di terima dengan ratarata nilai pos test siswa kelas eksperimen 72,4 sedangkan rata-rata nilai pos test siswa kelas kontrol 51,5. Sehingga penggunaan animasi Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan uji N-Gain dan uji t kelas ekperimen yang menggunakan animasi Macromedia Flash dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan animasi Macromedia Flash. Hasil respon siswa rata-rata 95,2% termasuk katagori sangat tertarik, Hal ini dapat membuktikan bahwa siswa kelas eksperimen sangat tertarik belajar materi hidrokarbon dengan menggunakan animasi Macromedia Flash.