PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN ALAT PERAGA RUBBIK TERHADAP SELF EFFICACY SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Main Authors: Rahayu, Tri Ratna, Huda, Miftahul, Shodikin, Ali
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Islam Darul Ulum , 2018
Online Access: http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/rahayu
http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/rahayu/381
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan alat peraga rubbik terhadap self efficacy siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Putra-Putri Simo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dalam pembelajaran matematika. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa sampel berdistribusi nomal dan homogen, serta memiliki pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan alat peraga rubbik terhadap self efficacy siswa.