PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN ALAT PERAGA RUBBIK TERHADAP SELF EFFICACY SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK
Main Authors: | Rahayu, Tri Ratna, Huda, Miftahul, Shodikin, Ali |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Islam Darul Ulum
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/rahayu http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/rahayu/381 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan alat peraga rubbik terhadap self efficacy siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Putra-Putri Simo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dalam pembelajaran matematika. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa sampel berdistribusi nomal dan homogen, serta memiliki pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan alat peraga rubbik terhadap self efficacy siswa.