DESKRIPSI KESALAHAN PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DITINJAU DARI TINGKAT RASA PERCAYA DIRI MAHASISWA

Main Authors: Kusuma, Anggun Badu, Gunawan, Gunawan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Darul Ulum , 2018
Online Access: http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/kusuma
http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/kusuma/379
http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/kusuma/380
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa ditinjau dari tingkat rasa percaya diri mahasiswa pada mata kuliah dasar proses pembelajaran matematika khususnya mahasiswa semester III kelas B Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari angket dan dokumentasi. Data hasil angket digunakan untuk mengetahui tingkat rasa percaya diri mahasiswa. Dari hasil angket tersebut kemudian sebagai dasar pengelompokan mahasiswa. Data dokumentasi yaitu berupa RPP hasil pekerjaan mahasiswa dan foto kegiatan. Dari RPP mahasiswa tersebut kemudian dianalisis sehingga diperoleh kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam pembuatan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) responden yang memiliki rasa percaya diri rendah cenderung mengalami kesalahan dalam bentuk isi dan kelengkapan unsur-unsur RPP, (2) responden yang memiliki rasa percaya diri sedang cenderung mengalami kesalahan dalam bentuk isi dari masing-masing unsur RPP, dan (3) responden yang memiliki rasa percaya diri tinggi cenderung mampu menuliskan dan isi dari semua unsur RPP telah sesuai.