PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL GENERATIVE LEARNING DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII

Main Author: anisa, tutut widiastuti
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Islam Darul Ulum , 2018
Online Access: http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/anisa
http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/anisa/375
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model Generative Learning dengan Performance Assessment yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: pendahuluan, pemfokusan, tantangan dan penerapan pada materi kubus dan balok sehingga menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan pembelajaran yang efektif serta mengacu pada model 4-D. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran (1) perangkat pembelajaran valid menurut validator dengan rata-rata nilai validasi silabus 4,74, RPP 4,58, Buku Siswa 4,81, LKS 4,73, dan TKBK 4,36 (2) perangkat pembelajaran praktis dengan (a) respon siswa mencapai 82%, dan (b) kemampuan guru mengelola pembelajaran mencapai 89,25. (3) proses pembelajaran matematika efektif, ditandai dengan (a) TKBK mencapai KKM yang sudah ditentukan yaitu 70, serta proporsi siswa yang mendapatkan nilai minimal sama dengan 70 sebanyak 79,5%, (b) rata-rata TKBK kelas uji coba perangkat lebih baik daripada kelas kontrol, dan (c) sikap dan keterampilan siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap TKBK sebesar 62,3%. Jadi dapat disimpulkan memenuhi valid perangkat, praktis penggunaan dan efektif pembelajaran.