PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII MTs MA’ARIF NU SUKODADI

Main Author: Nofitasari, Nofitasari
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Islam Darul Ulum , 2017
Online Access: http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/315
http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/315/290
http://journal.unisda.ac.id/index.php/INSPIRAMATIKA/article/view/315/294
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU Sukodadi dengan sampel 28 siswa kelompok eksperimen dan 29 siswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes berbentuk uraian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dari hasil pretes dan postes siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis melalui model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran konvesional.