Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Berbasis Multikulturalisme untuk Guru-Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah di Surabaya
Main Authors: | Martati, Badruli, Setyorini, Ari |
---|---|
Other Authors: | Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia |
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM ITATS
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejurnal.itats.ac.id/jpp-iptek/article/view/320 https://ejurnal.itats.ac.id/jpp-iptek/article/view/320/320 https://ejurnal.itats.ac.id/jpp-iptek/article/downloadSuppFile/320/62 |
Daftar Isi:
- Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih guru-guru sekolah dasar untuk menulis cerita bermuatan multikulturalisme untuk anak-anak. Kegiatan ini dilakukan dengan bermitra kepada tiga sekolah dasar Muhammadiyah, yakni SDM 8 Surabaya, SDM 15 Surabaya, dan SDM 18 Surabaya. Masing-masing sekolah mengirimkan guru delegasi untuk mengikuti workshop penulisan kreatif yang diselenggarakan pada 7–8 Juli 2018. Pelatihan ini dilanjutkan dengan sesi 32 jam coaching clinic yang bertujuan me-review dan merevisi cerita pendek hasil karya guru mitra. Hasil dari pelatihan diketahui bahwa pendidikan multikulturalisme melalui cerita pendek untuk anak mampu menjadi sebuah cara yang efektif dalam menanamkan literasi budaya di sekolah dasar.