Pengaruh Dimensi Karakteristik Individu Terhadap Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar
Main Authors: | Asrah, Andi, Mardjuni, Sukmawati, Saleh, Muhammad Yusuf |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bosowa University Publishing
, 2017
|
Online Access: |
http://ijbm.bosowapublishing.org/index.php/ijbm/article/view/12 http://ijbm.bosowapublishing.org/index.php/ijbm/article/view/12/12 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris: (1) Apakahkemampuan pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan; (2) Apakah nilaiberpengaruh terhadap kualitas pelayanan; (3) Apakah sikap berpengaruh terhadap kualitaspelayanan; dan (4) Apakah minat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan; Secara teoritishasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya dan melengkapi ilmu pengetahuan dibidang manajemen sumber daya manusia sehingga dapat bermanfaat bagi para akademisidan praktisi. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, populasi dan sampel dalampenelitian berjumlah 20 pegawai kantor dan 20 masyarakat pengguna layanan kantor.Penelitian ini dianalisis melalui Analisis Regresi Linear dengan bantuan software SPSS 23.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan berpengaruh positif terhadappeningkatan kualitas pelayanan, pegawai dengan kemampuan terbaik terbukti mampumemberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, sehingga tercipta pelayanan publikyang baik dimata masyarakat : (2) Nilai berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitaspelayanan, nilai dasar aparatur sipil Negara (ASN) telah diterapkan dalam instansi ini,sehingga kualitas pelayanan dapat dilakukan secara maksmimal; (3) Sikap berpengaruhpositif terhadap peningkatan kualitas pelayanan, pegawai dengan sikap yang positifterhadap pekerjaan dan perilaku positif pada waktu bekerja akan mempercepat prosespelayanan, sehingga kulitas pelayanan dapat ditingkatkan; (4) Minat berpengaruh positifterhadap peningkatan kualitas pelayanan, pegawai dengan minat yang baik akan senantiasabekerja untuk mengerahkan pikiran dan tenaganya dalam melakukan pelayanan kepadamasyarakat, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik. ABSTRACTThis study aims to test and prove empirically: (1) Is the employee's ability toinfluence the quality of service; (2) Is the effect on quality of service; (3) Does attitude affectthe quality of service; and (4) Is the interest affects the quality of service; Theoretically, thisresearch is expected to enrich and complement the knowledge in the field of human resourcemanagement so as to be useful to academics and practitioners. This type of research isexplanatory research, the population and the sample amounted to 20 office workers and 20office service recipients. This study analyzed through linear regression analysis with SPSS23. The results showed that: (1) Ability positive effect on improvement of quality of service,an employee with the best abilities proven to provide the best service to the community, so asto create good public service in the eyes of the public: (2) Value positive effect onimprovement of service quality, value basic civil state apparatus (ASN) has been applied inthis instance, so that the quality of service can be performed maksmimal; (3) The attitudepositive effect on improvement of quality of service, an employee with a positive attitudetowards work and positive attitude at work will expedite the service process, so the quality oftheir services can be improved; (4) Interest positive effect on improvement of quality ofservice, an employee with a good interest will continue to work to mobilize the mind andenergy in doing service to the community, so that people can be served well.