IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI PENDIDIKAN DASAR

Main Author: Marmoah, Sri -
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/10776
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/10776/6865
Daftar Isi:
  • Total Quality Management is a procedural method used in improving the quality of education in schools. This study aims to describe the implementation of Total Quality Management in primary education. This research was conducted in five Girimarto Subdistrict clusters in the year 2018. The research samples were five elementary schools divided into five clusters. Data collection techniques using non-test techniques that are using questionnaires or questionnaires to determine the success criteria for applying TQM in education to principals and teachers. The results of the study showed maximum results. The average acquisition of questionnaire calculations for school principals is 97.00 with a very good category, while the questionnaire for teachers is 94.00 with a very good category. The overall average obtained is 95.50 with a very good category. If viewed from the overall average obtained, it can be concluded that the application of TQM in education in Girimarto Subdistrict is in very good criteria. Thus, the school is concerned about asking for more primary needs in the provision of educational assistance, so that schools produce quality output.
  • Total Quality Management merupakan cara prosedural yang digunakan dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Total Quality Management di pendidikan dasar. Penelitian ini dilakukan di lima gugus Kecamatan Girimarto pada tahun 2018. Sampel penelitiannya sebanyak lima sekolah dasar yang terbagi dalam lima gugus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu menggunakan angket atau kuesionar untuk mengetahui kriteria keberhasilan penerapan TQM dalam pendidikan pada kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang telah maksimal. Rata-rata perolehan perhitungan angket pada kepala sekolah sebesar 97,00 dengan kategori sangat baik, sedangkan perhitungan angket pada guru sebesar 94,00 dengan kategori sangat baik. Rata-rata secara  keseluruhan yang diperoleh sebesar 95,50 dengan kategori sangat baik. Jika dilihat dari rata-rata keseluruhan yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan TQM dalam pendidikan di Kecamatan Girimarto adalah pada kriteria sangat baik. Dengan demikian, pihak sekolah beserta aparatur pemerintah lebih memahami kebutuhan primer dalam pelaksanaan manajemen mutu pendidikan, terutama agar sekolah menghasilkan output yang berkualitas.