ctrlnum 9982
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/</relation><title>Pembelajaran Ibadah di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin</title><creator>Al ansari, Muhammad Rijal</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Muhammad Rijal Al ansari. 2018. Pembelajaran Ibadah di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin . Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I). Dra.Hj. Masyithah, M.Pd.I (II) Surawardi M.Ag&#xD; Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pendidikan ibadah shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua umat islam, karena shalat juga tidak terpaku hanya tanggung jawab keluarga saja akan tetapi pendidikan shalat juga menjadi pembelajaran bagaian dari lingkungan sekolah, sebagai tujuan untuk menciptakan individu-individu yang taat beragama.&#xD; Penelitian ini membahas tentang bagaimana guru fiqih melaksanakan pembelajaran ibadah shalat di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelajaran ibadah shalat yang dilakukan oleh guru fiqih pada MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin.&#xD; Tujuan penelitian pembelajaran ibadah shalat di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin adalah untuk meningkatkan keterampilan gerak dalam shalat dan untuk meningkatkan keterampilan bacaan dalam shalat siswa.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan mengambil subjek dan objek penelitian, subjek penelitian adalah 1 orang guru mata pelajaran fiqih di kelas VII A. Objek penelitian adalah pembelajaran ibadah shalat di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran ibadah shalat di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik pengolahan data menggunakan koleksi data, editing, dan klasifikasi data.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini adalah pembelajaran ibadah shalat di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti pada pelaksanaan tahapan perencanaan, pembelajaran ibadah shalat,penggunaan metode-metodenya dan evaluasinya. Pada tahapan perencanaan guru telah membuat perencanaan berupa RPP, pada tahapan pembelajaran ibadah shalat, guru juga telah menjalankan tahapan pembelajaran dengan baik berupa; guru menyapa siswa, memotivasi dan memberikan materi, membimbing dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan tugas tentang shalat, guru juga membimbing siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran shalat. Penggunaan metode yang diajarkan, guru menggunakan metode seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, drill, kelompok dan demonstrasi. mengajar guru, faktor siswa yang meliputi minat dan perhatian siswa, dan faktor sarana dan prasarana.</description><date>2018-06-30</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/1/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/2/AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/3/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/9/DAPTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/10/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Al ansari, Muhammad Rijal (2018) Pembelajaran Ibadah di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan. </identifier><recordID>9982</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Al ansari, Muhammad Rijal
title Pembelajaran Ibadah di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin
publishDate 2018
topic L Education (General)
url http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/1/PERNYATAAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/2/AWAL.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/3/ABSTRAK.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/4/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/5/BAB%20II.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/6/BAB%20III.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/7/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/8/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/9/DAPTAR%20PUSTAKA.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/10/LAMPIRAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/9982/
contents Muhammad Rijal Al ansari. 2018. Pembelajaran Ibadah di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin . Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I). Dra.Hj. Masyithah, M.Pd.I (II) Surawardi M.Ag Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pendidikan ibadah shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua umat islam, karena shalat juga tidak terpaku hanya tanggung jawab keluarga saja akan tetapi pendidikan shalat juga menjadi pembelajaran bagaian dari lingkungan sekolah, sebagai tujuan untuk menciptakan individu-individu yang taat beragama. Penelitian ini membahas tentang bagaimana guru fiqih melaksanakan pembelajaran ibadah shalat di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelajaran ibadah shalat yang dilakukan oleh guru fiqih pada MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian pembelajaran ibadah shalat di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin adalah untuk meningkatkan keterampilan gerak dalam shalat dan untuk meningkatkan keterampilan bacaan dalam shalat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan mengambil subjek dan objek penelitian, subjek penelitian adalah 1 orang guru mata pelajaran fiqih di kelas VII A. Objek penelitian adalah pembelajaran ibadah shalat di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran ibadah shalat di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik pengolahan data menggunakan koleksi data, editing, dan klasifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah pembelajaran ibadah shalat di MTs Al-Hamid Kota Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti pada pelaksanaan tahapan perencanaan, pembelajaran ibadah shalat,penggunaan metode-metodenya dan evaluasinya. Pada tahapan perencanaan guru telah membuat perencanaan berupa RPP, pada tahapan pembelajaran ibadah shalat, guru juga telah menjalankan tahapan pembelajaran dengan baik berupa; guru menyapa siswa, memotivasi dan memberikan materi, membimbing dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan tugas tentang shalat, guru juga membimbing siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran shalat. Penggunaan metode yang diajarkan, guru menggunakan metode seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, drill, kelompok dan demonstrasi. mengajar guru, faktor siswa yang meliputi minat dan perhatian siswa, dan faktor sarana dan prasarana.
id IOS4802.9982
institution Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
institution_id 1009
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
library_id 907
collection Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari
repository_id 4802
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4802
first_indexed 2018-06-09T18:50:53Z
last_indexed 2018-07-19T18:59:05Z
recordtype dc
_version_ 1686258313916841984
score 17.538404