Pengaruh Penggunaan Model Ropes (Review, Overview, Prsentation, Exercise, Summary) Terhadap Hasil Belajar Konsep Kecepatan Pada Mata Pelajaran Matematika MIN 4 Banjar
Daftar Isi:
- Nur Hamidah, 2018. Pengaruh Penggunaan Model ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Hasil Belajar Konsep Kecepatan Pada Mata Pelajaran Matematika MIN 4 Banjar.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakutas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing I Khairunnisa, S. Pd. M.Pd. Pembimbing II Hj. Isny Lellya, S. Ag. M.Ag. Kata Kunci: Pengaruh, model pembelajaran ROPES, hasil belajar, matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model ROPES (review, overveiw, presentation, exercise, summary) terhadap hasil belajar konsep kecepatan pada mata pelajaran matematika MIN 4 Banjar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen (quasi experimental research) dengan menggunakan desain kelompok kontrol pretest dan posttest (pretest-posttest control group design). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunan model ROPES dapat meningkatkan hasil belajar konsep kecepatan pada mata pelajaran matematika MIN 4 Banjar. Hal tersebut berdasarkan analisis hasil observasi kelas eksperimen yang menunjukkan bahwa proses pelaksanaan model ROPES sudah terlaksana secara optimal. Hal ini dikarenakan terlaksananya program pembelajaran dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pada model ROPES yaitu review, overview, presentation, exercise,serta summary dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Peningkatan hasil belajar konsep kecepatan pada mata pelajaran matematika MIN 4 Banjar juga dapat dilihat berdasarkan analisis hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil belajar kelas eksperimen meningkat 33,70 dari nilai rata-rata pretest 55,70 menjadi 89,41 pada nilai rata-rata posttest, sedangkan hasil belajar kelas kontrol meningkat 34,38 dari nilai rata-rata pretest 56,22 menjadi 90,60 pada nilai rata-rata posttest. Model ROPES juga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar konsep kecepatan pada mata pelajaran matematika MIN 4 Banjar. Hal ini berdasarkan hasil uji U yang menyatakan nilai Sig. 0,015 karena 0,015 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menandakan model ROPES dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran, terutama pembelajaran konsep kecepatan pada mata pelajaran matematika.