Pengaruh Penggunaan Media Fruits Paste Terhadap Pemahaman Anak Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas II Di Sekolah Inklusi SDN Gadang 2 Banjarmasin
Daftar Isi:
- Materi pelajaran tentang operasi hitung penjumlahan merupakan salah satu materi dasar yang harus dikuasai oleh semua anak termasuk anak tunagrahita ringan sebagai prasyarat untuk mempelajari materi-materi pelajaran matematika lainnya. Tetapi pada kenyataan di lapangan terdapat anak tunagrahita ringan di Sekolah SDN Gadang 2 Banjarmasin yang memperoleh nilai kemampuan operasi hitung penjumlahan yang rendah serta tidak memenuhi standar KKM (kurang dari 60), berdasarkan hasil observasi tersebut, peneliti berasumsi bahwa dengan menggunakan media fruits paste akan mampu membantu anak tunagrahita ringan dalam melakukan operasi hitung penjumlahan 1 sampai 10. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain pra-eksperimen pada satu kelompok. Rancangan penelitian ini menggunakan pola one group Pre-tes Post-test design dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan kelas II SDN Gadang 2 Banjarmasin yang berjumlah 2 anak, terdiri dari 1 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Berdasarkan hasi penelitian dari kedua subjek yaitu pada nilai Pre Test tanpa penggunaan media fruits paste, nilai 35 diperoleh Sandi Gunadi dan nilai 50 diperoleh Aqniya Qarimah. Nilai Pre Test ini masih di bawah nilai 60, itu artinya pada perolehan nilai pre test yang didapatkan oleh kedua subjek ini belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Berdasarkan hasil Post Test dan dengan menggunakan media fruits paste, Sandi Gunadi memperoleh nilai 60 dan Aqniya Qarimah mendapatkan nilai 80 sehingga dapat dilihat nilai Post Test kedua subjek ini lebih tinggi dari pada nilai Pre Tes. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media fruits paste dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan 1 sampai 10 pada anak tunagrahita ringan kelas II SDN Gadang 2 Banjarmasin.