Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh mathematic anxiety dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa SMK Bina Banua Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini juga merupakan penelitian ex-post facto, karena tidak melakukan perubahan terhadap responden. populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ) kelas X dan XI, yang terdiri dari X TKJ I, X TKJ II, XI TKJ I dan XI TKJ II SMK Bina Banua Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 139 siswa untuk sampel penelitian. Pengumpulan data mathematic anxiety dan motivasi dilakukan dengan metode angket, sedangkan data untuk prestasi belajar matematika diperoleh dari nilai UTS (Ujian Tengah Semester) siswa. Teknik analisis Nonparametrik Korelasi Kendal’s Tau dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara kecemasan matematika terhadap prestasi belajar yang ditunjukan dengan nilai signifikansi korelasi kendal’s Tau sebesar sig 0,025 < 0,05. (2) tidak terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika yang ditujukan dengan nilai signifikansi korelasi kendal’s Tau sebesar 0,833 > 0,05. Kata Kunci: Mathematic anxiety (hubungan kecemasan), motivasi, prestasi belajar.