Daftar Isi:
  • May Linda, 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaan ARCS (Attention, Relevance, Confidence, satisfaction) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Koordinat pada Siswa Kelas VIII MTsN 3 Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I) Dr. H. Hilmi Mizani, M..Ag. (II) Rahmawati, S.Pd.I., M.Pd.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, satisfaction) berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika materi Sistem Koordinat pada siswa kelas VIII MTsN 3 Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, satisfaction) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi Sistem Koordinat pada siswa kelas VIII MTsN 3 Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 3 Tanah Bumbu tahun pelajaran 2017/2018. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, satisfaction) berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika materi Sistem Koordinat pada siswa kelas VIII MTsN 3 Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 12,5% dan penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, satisfaction) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi Sistem Koordinat pada siswa kelas VIII MTsN 3 Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 11,2%. Serta tidak terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika materi Sistem Koordinat pada siswa kelas VIII MTsN 3 Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2017/2018.