Daftar Isi:
  • Rahmawati. 2017. Kemampuan Siswa membaca Alquran dengan Hukum Tajwid di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kayu Tangi ujung kota Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Hj. Salamah M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan, membaca, tajwid. Penelitian ini berlatar belakang masalah bahwa Alquran wajib dibaca menurut tata cara yang benar yaitu berdasarkan kaidah Ilmu tajwid. Di sekolah membaca Alquran sangatlah diperhatikan lebih khususnya di Madrasah Ibtidaiyah. Hal inilah yang sangat mempengaruhi siswa dalam pembelajaran lebih khususnya membaca Alquran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa membaca Alquran dengan mad, nun mati, makhraj huruf, kelancaran membaca, serta faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam membaca Alquran pada Madrsah Ibtidayah MI Al-Hamid Kayu Tangi ujung kota Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan dan desain penelitian kuantitatif dengan analisis deskripsi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VI B yang berjumlah 42 orang dan objek penelitian adalah kemampuan siswa dalam membaca Alquran dengan nun mati, mad, makhraj huruf, kelancaran membaca dan Faktor-faktor mempengaruhi dalam membaca Alquran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan, wawancara, observasi, angket dan dokumenter yang kemudian diolah dengan kegiatan editing, klasifikasi, scoring dan tabulating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa membaca Alquran dengan hukum tajwid termasuk bacaan benar dan konsisten dengan presentasi 54%, kelancaran membaca Alquran54%. Faktor-faktor yang mempengaruhi, yaitu siswa sangat berminat membaca Alquran. Prasarana yang memadai, orang tua yang kadang-kadang membimbing dalam membaca Al-quran.